Berbagi Wawasan: DIET SEHAT

Thursday 8 December 2016

DIET SEHAT

 DIET



Pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang pengetahuan akan kesehatan lewat pembahasan tentang DIET. Berikut sedikit ulasannya.
 
Diet merupakan kegiatan yang menjadi tren bagi kebanyakan orang dari jaman dulu hingga sekarang, terutama bagi yang memiliki kelebihan berat badan. Tidak bisa dipungkiri bahwa diet masih disalah artikan oleh banyak orang. Banyak yang menganggap diet  adalah memangkas waktu makan atau bahkan tidak makan sama sekali agar berat badan cepat turun. Ini adalah anggapan yang sama  sekali tidak benar.
“Pada remaja khususnya remaja putri kerap kali melakukan perilaku diet untuk menurunkan berat badannya, hal ini dikarenakan remaja putri lebih memperhatikan bentuk tubuhnya dibandingkan remaja pria sehingga takut akan kenaikan berat badan” (Krowchuk, et.al.,1998).

Penampilan menarik merupakan sebuah kebutuhan bagi remaja. Remaja yang masih dalam proses pencarian jati diri cenderung ingin tampil memikat untuk menunjang pergaulannya." Diet yang dilakukan secara benar akan membuat berat badan menjadi ideal, kesehatan dan daya tahan tubuh juga akan meningkat. Keseimbangan jiwa dan raga akan berpengaruh juga terahadap otak, sehingga daya pikir juga akan meningkat ke hal yang positif. Diet yang sebenarnya adalah mengatur pola makan dan memilah jenis makanan sehat yang seharusnya dikonsumsi untuk menunjang penurunan berat badan. Pelaku diet pada umumnya  sangat takut memiliki badan yang gemuk, seringkali tidak memperhatikan mengenai diet yang sehat, sehingga diet yang dilakukannya jauh dari hidup sehat.

Pengaturan pola makan adalah hal terpenting dalam menjalankan diet. Keseimbangan antara kebutuhan nutrisi dan jumlah energi yang dibakar dalam tubuh harus seimbang sehingga akan menghasilkan berat badan yang ideal pula. Kebiasaan hidup sehat terutama berolahraga juga sangat menunjang keberhasilan diet. Diet yang dilakukan hanya dengan mengurangi jumlah makan atau bahkan tidak makan sama sekali, jika tidak diimbangi dengan kebiasaan hidup sehat dan pola makan yang benar, hanya akan memberikan gangguan kesehatan pada tubuh.

Gangguaan kesehatan yang sering dialami jika salah melakukan program diet  tersebut biasanya terjadi setelah diet tersebut sudah dijalankan selama waktu tertentu.Gangguan kesehatan tersebut antara lain pusing, daya tahan tubuh yang melemah, kelaparan sehingga menyebabkan kerusakan lambung, hingga kerusakan pada hati. Metabolisme tubuh tiap orang berbeda satu dengan yang lainnya, sehingga respon tubuh pelaku diet terhadap program diet berbeda satu dengan yang lainnya.

Diet sering disalahartikan sebagai usaha mengurangi makan untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal, atau untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Padahal, berdasarkan asal serapan katanya, arti ini yang sebenarnya adalah mengatur pola makan. . Tentu saja, saat ini masih banyak orang yang menyalah artikan arti berat badan sendiri. Oleh karena itu perlu diluruskan mengenai arti menurunkan berat badan yang sebenarnya.

Diet sangat akrab di kalangan kaum wanita, karena memang sebagian besar wanita tentu saja menginginkan tubuh yang ideal. Cara ini dipercaya dapat membantu mereka untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi cukup yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga berat badan mereka juga tetap terkontrol dan terjaga. Dalam kamus Gizi Pelengkap Kesehatan Keluarga 2009 keluaran Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), Diet memiliki arti sebagai pengaturan pola dan konsumsi makanan serta minuman yang dilarang, dibatasi jumlahnya, dimodifikasi, atau diperolehkan dengan jumlah tertentu untuk tujuan terapi penyakit yang diderita, kesehatan, atau penurunan berat badan .

Oleh karena itu Diet dapat di defenisikan sebagai usaha seseorang dalam mengatur pola makan dan mengurangi makan untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Atkins Diet
Yaitu diet yang berfokus pada pengendalian kadar insulin dalam tubuh. Jika kita mengkonsumsi sebagian besar karbohidrat halus, maka kadar insulin tubuh kita akan meningkat pesat, kemudian tubuh akan drop dengan cepat. Kadar insulin yang meningkat,  akan membuat tubuh kita menyimpan banyak energi yang kita makan, serta memungkinkan memperkecil tubuh kita menggunakan lemak yang disimpan sebagai sumber energi. Kebanyakan orang, yang mengikuti Diet Atkins akan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi daripada biasanya.

Zone Diet
Yaitu diet yang bertujuan untuk menyeimbangkan asupan gizi yaitu, 40% karbohidrat, 30% lemak, dan 30% protein setiap kali makan. Fokus utamanya adalah untuk mengontrol kadar insulin, untuk menurunan berat badan dan manajemen berat badan yang lebih baik. Zone Diet mengaruskan kita untuk mengkonsumsi karbohidrat yang berkualitas baik dan lemak sehat, seperti dari minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan.

Weight Watchers Diet
Diet Weight Watchers yaitu Diet yang fokus pada penurunkan berat badan melalui olahraga.

Raw Food Diet
Raw fodistm atau diet makanan mentah atau mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak diolah atau diproses, benar-benar nabati, dan idealnya adalah makanan yang organik. Raw foodism umumnya mengatakan bahwa setidaknya tiga perempat dari asupan makanan kita harus terdiri dari makanan mentah. Raw foodist juga menganjurkan mereka tidak makan atau minum apa pun yang berdasarkan dari hewan.Ada empat jenis utama dari raw foodist : vegetarian mentah, vegan mentah, omnivora mentah, dan karnivora mentah.

Diet Vegan
Diet vegan adalah jenis diet vegetarian yang tidak mengonsumsi daging, telur, produk susu dan semua produk hewani yang diturunkan. Orang yang melakukan diet vegan ini biasanya tidak mengonsumsi makanan yang diproses menggunakan produk hewani.


Sekian postingan kali ini tentang pembahasan diet yang baik dan benar, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. terima kasih.

No comments:

Post a Comment