Berbagi Wawasan: Cara Mengganti Background Foto Menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop

Tuesday 31 May 2016

Cara Mengganti Background Foto Menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop

Cara Mengganti Background Foto Menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop


Mungkin pertama - tama untuk melakukan Editting kita harus mengenal aplikasi ini (Adobe Photoshop) terlebih dahulu agar memudahkan kita dalam proses pengerjaannya. 

Aplikasi Photoshop ini memiliki banyak fungsi, dan menurut saya pribadi banyak sekali membantu saya dalam proses editting. Meskipun hampir keseluruhan aplikasi ini memakai fitur manual namun jika kita teliti maka akan menghasilkan output yang kita inginkan.
Disini saya akan coba memberikan gambaran tentang salah satu cara mengganti background foto Formal (Pas Foto)  pada aplikasi Adobe Photoshop CS 2. Kenapa saya memilih Pas Foto, karena memang untuk saat ini jenis editting ini banyak diperlukan oleh banyak oreng contohnya untuk melamar pekerjaan dan sebagainya, maka saya ambil contoh ini karena cukup simple dan mungkin bisa dibilang ilmu dasar . Berikut salah satu caranya :

Sebenarnnya ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam proses ini, namun tidak jarang juga orang menjadi bingung harus memilih cara yang mana, maka dari itu disini saya mencoba memberikan gambaran tentang salah satu cara mengganti background sesimple mungkin agar tidak memakan banyak waktu.
(Khusus untuk Pas Foto)
           1. Buka Aplikasi Adobe Photoshop
               ( Disini Saya Menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop CS 2 )
           2. Kemudian klik menu file - Open Maka akan keluar menu seperti gambar - lalu pilih salah satu foto
               yang akan di edit - klik open.
               (Lebih Jelas Lihat Gambar Dibawah)
 

            3. Karena Backround foto yang dipilih sudah memiliki satu warna, jadi kita bisa lebih cepat dalam 
                mengganti backgroundnya kewarna yang lain. sebagai contoh kita akan menggantinya
                ke warna biru . ( Lihat Gambar Dibawah)

Gambar 1
                

Gambar 2


Pada langkah berikut ini anda sudah memulai proses penggantian warna latar Klik Kiri mouse untuk mengganti warna, jika ada kesalahan dalam proses ini/warna menimpa pada objek, maka anda bisa mengembalikannya dengan menekan tombol CTRL + Z pada Keyboard atau bisa menggunakan fungsi lain yaitu dengan menekan tombil Alt pada keyboard + klik kiri mouse secara bersamaan , kemudian gunakan pada warna yang menimpa pada objek.
Klik Kiri mouse untuk mengganti warna ( Lakukan sampai selesai )

Gambar 3

setelah selesai bisa dilihat hasilnya, lakukan dengan teliti agar hasil lebih rapi jangan lupa untuk menyimpan hasil editting (File-Save/Save As-nama file-ok) jangan lupa juga untuk mengganti format file kedalam bentuk JPG 

Hasil Editting





Anda bisa melihat hasil akhirnya. foto yang tadinya memiliki warna background kuning pucat menjadi warna biru cerah . menurut saya jika anda menguasai dasar penggunaan photoshop maka mungkin saja anda bisa melakukan pada foto jenis lain dengan tambahan effect yang berbeda .. tapi ingat aplikasi ini bukan untuk dipakai kepada hal yang munjurus tindak kejahatan, jadi lebih baik digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat . Selamat Mencoba .

*Terima kasih telah menyimak artikel ini semoga membantu :)
               


No comments:

Post a Comment